Chocolate Devil Cake for Papa’s birthday :D

Dalam rangka ulangtahun Papa tersayang, saya mau bikinin cake. Dan terpilihlah Chocolate Devil Cake.

Bahan:

  • 10 kuning telur
  • 4 putih telur
  • 150 gram margarin
  • 100 gram mentega
  • 200 gram gula halus
  • pasta mocca
  • simple syrup
  • Ayak:
    • 90 gram terigu
    • 60 gram maizena
    • 40 gram chocolate powder
    • 1 sdt baking powder
  • Ganache:
    • 500 ml krim kental
    • 250 gram dark cooking chocolate
    • 25 gram butter

Cara membuat:

  1. Kocok margarin, mentega dan gula halus sampai lembut. Masukkan kuning telur satu persatu, kocok kembali sampai lembut, tambahkan sedikit pasta mocca, sisihkan (adonan 1).
  2. Kocok putih telur sampai kaku (adonan 2).
  3. Masukkan adonan 2 ke dalam adonan 1, aduk hingga rata. Lalu campurkan bahan yang diayak ke dalamnya, aduk hingga rata dan halus.
  4. Tuangkan adonan ke dalam loyang berdiameter 20 cm panggang dalam oven bersuhu 200 °C selama 30-45 menit.
  5. Ganache: Lelehkan DCC & butter. Kocok krim kental sampai mengental lalu masukkan lelehan DCC & butter, perlu diketahui untuk mengocok krim kental jangan terlalu lama maksimal 5 menit.
  6. Finishing: Belah cake menjadi 2 atau 3 bagian, basahi setiap bagian dengan simple syrup. Oleskan setiap bagian dengan ganache sebagai filling, tumpuk kesemuanya jadi satu. Sisa ganache bisa dipoleskan ke seluruh permukaan cake.

berhubung ngerjain kuenya malem-malem buta, udah ngantuk. Jadilah penampilannya lumayan berantakan. Tapi soal rasa..hmmm.. dapat acungan jempol, enak banget. Monggo dicoba ya.. 😀

Advertisements
Posted in Kuliner, Resep | Leave a comment

Dadar Gulung Miskin

Ceritanya Bogor nih nggak kenal yang namanya perbedaan musim. Tiap hari nggak kenal bulan apa pasti selalu hujan. Jadi musim di Bogor itu cuma satu, ya musim hujan itu. Kalau hujan, entah hanya saya saja atau orang lain juga merasakan hal yang sama. Selalu saja merasa lapar dan kepengannya ngemil mulu. Dikarenakan sedang akhir bulan dan belum gajian, yang mana stock cemilan di rumah pun kosong, jadilah saya menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah buat saya manfaatkan menjadi makanan yang bisa buat nikmatin hujan.

Bahan:

  • Bahan kulit:
    • 2 butir telur
    • 250 gram tepung terigu
    • 500 ml santan
    • 1/2 sdt garam
    • cokelat bubuk
    • minyak untuk polesan2
  • Bahan isi:
  • 1/2 butir kelapa parut
  • 150 gram gula merah (sesuai selera)
  • daun pandan

Cara Membuat:

  1. Buat adonan dadar terlabih dahulu, campur semua bahan kulit kecuali minyak untuk memoles. Aduk rata seluruh bahan sampai tidak ada tepung yang menggumpal. Siapkan wajan dadar, oleskan sedikit minyak, tuangkan adonan kulit, bentuk dadar tipis lalu angkat.
  2. Untuk bahan isi, campur semua bahan isi panaskan di atas api kecil sampai menjadi adonan unti.
  3. Isi setiap dadar yang sudah matang dengan adonan unti, bungkus seperti amplop. Sajikan.

Penggunaan telur pada dadar gulung untuk saya itu bisa dihilangkan. Beberapa orang seperti mama saya tidak menyukai aroma amis telur dari dadar gulung, maka dari itu saya hilangkan. Kenapa saya pakai coklat bubuk? Yang mana kurang coklat juga, karena nggak ada pewarna hijau dan juga coklat bubuknya cuma tinggal sedikit. namanya juga memanfaatkan bahan yang ada di rumah. Silakan lho selamat mencoba.

Posted in Kuliner, Resep | Leave a comment

Udang Goreng Tepung

Dikarenakan keinginan Papa yang tak tertahan sama makanan satu ini, jadilah saya diteror “pengen udang goreng, pengen udang goreng” ya udah saya bikinin. Saya nggak mencantumkan kuantitas bahan dikarenakan pake feeling, silakan gunakan feeling anda juga. Masak tuh soal feeling kok 😀

Bahan:
Udang ukuran sedang, buang bagian kepala dan kulitnya. Tapi jangan buang bagian ekornya.
Merica bubuk
Garam
Lapisan:
Tepung terigu
Bawang putih bubuk (bisa diganti dengan bawang putih halus)
Merica bubuk
Garam
Putih telur untuk lapisan
Tepung panir
Minyak untuk menggoreng
Cara Membuat:
– Lumuri udang dengan merica bubuk dan garam, kalau kamu memakai bawang putinh yang dihaluskan campur sekalian dengan udangnya.
– Lapisi udang dengan campuran tepung (tepung terigu, merica bubuk, bawang putih bubuk dan garam), lalu celupkan ke dalam putih telur dan gulingkan ke atas tepung panir, tekan –tekan hingga menempel.
– Panaskan minyak untuk menggoreng,masukkan udang satu persatu goreng hingga keemasan.
– Sajikan hangat, beri pelengkap saus sambal, saus tomat atau mayonaise.

Selamat mencoba ^_^

*gambar dicomot dari :http://salhazain.com*

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Es Puter Durian

Pasti semua orang tahu yang namanya buah durian, nggak sedikit juga yang menggilai buah satu ini. Keluarga saya salah satunya, dimana ada durian murah kita bela-belain beli. Maklum buah satu ini harganya lumayan mencekik leher. Meskipun kami keranjingan buah satu ini, tapi nggak sampe bela-belain beli dengan harga yang selangit.

Untuk saya, mengkonsumsi bulat-bulat buah durian begitu saja nggak bisa terlalu banyak. Entah kenapa kalau saya makan lebih dari 3 mata durian, nggak lama akan dilanda pusing dan demam. Jadi kalau lagi dapet rejeki limpahan durian yang banyak, Papa saya selalu minta diolah menjadi es puter durian.

Silakan disimak untuk resepnya:

300 ml santan masak atau susu (pilih sesuai selera).
300 gram daging durian tanpa biji.
300 ml santan atau susu (pilih sesuai selera).
2 sdm tepung maizena.
100 gram gula pasir (dikira-kira, bisa diicip sesuai selera).
garam secukupnya.

Cara membuatnya:
1. Blender daging durian dengan santan masak atau susu sampai halus (Adonan 1).
2. Panaskan santan atau susu dengan maizena dan gula pasir jangan lupa tambahkan sedikit garam, didihkan. Setelah mendidih sisihkan dan diamkan sampai dingin (Adonan 2).
3. Campur adonan 1 dan adonan 2 menggunakan mixer sampai halus. Masukkan ke freezer selama 1 jam dengan menggunakan suhu paling rendah.
4. Setelah satu jam keluarkan dari freezer, lalu mixer kembali. Dan masukkan kembali ke dalam freezer selama 1 jam.
5. Setelah satu jam keluarkan dari freezer, lalu mixer kembali. Dan masukkan kembali ke dalam freezer, jangan lupa naikkan suhu freezer supaya es tidak menjadi seperti es batu.
6. Setelah 1 jam sudah bisa dinikmati ^_^

Catt:
– Saya biasanya melakukan pengocokan sebanyak 4 kali untuk mendapatkan tekstur es puter yang lebih halus sehingga jadi seperti ice cream.
– Jika setelah pengocokan yang ketiga, hasil es nya keras seperti es batu, sebaiknya didiamkan dahulu di suhu ruang sebentar sambil di kocok kembali, lalu masukkan ke freezer lagi dengan menggunakan suhu yang tidak terlalu rendah.
– Es puter ini bisa diganti dengan coklat, strawberry, atau buah-buah yang lain sesuai dengan kesukaan kalian masing-masing.

Kenapa ada pilihan antara santan atau susu? Sebenarnya es puter yang benar adalah menggunakan bahan utama santan. Keluarga saya tidak begitu menyukai aroma santan, oleh karena itu saya mengganti bahan utamanya menjadi susu.

Selamat mencoba

*gambar saya ambil dari sini*

Posted in Kuliner, Resep | Leave a comment

Crunchy Bluberry Cookies

Saya dapat resep ini dari sebuah web penyedia resep kue kering, coba cek di sini. Kehabisan ide membuat kue kering lebaran, jadilah saya membuatnya.
Bahan:
225 gram mentega tawar
150 gram gula halus
2 kuning telur
100 gram cornflakes (saya nggak pakai, karena tidak ada)
Ayak:
275 gram tepung terigu
50 gram maizena
Isi:
selai blueberry

Cara Membuat:
– Kocok mentega & gula hingga lembut, masukkan kuning telur. Campur dengan terigu.
– Bentuk adonan bulat-bulat kecil, gulingkan di atas cornflakes (jika pakai), taruh di atas loyang yang sudah dipulas mentega, beri jarak dan lubangi tengahnya menggunakan ujung sumpit.

– Isi tiap lubang dengan selai blueberry.


– Panggang dalam oven 170oC selama 20 menit.

Posted in Kuliner, Resep | Leave a comment

Puding Tape Ketan

Gara-gara dapet kiriman tape ketan, tapi nggak ada yang mau makan, akhirnya saya sulap jadi puding.

Bahan:
2 bungkus agar-agar (saya pakai hijau)
100 gram Tape Ketan
120 gram gula pasir
100 ml air
700 ml santan
¼ sdt garam
Cara Membuat:
– 1 bungkus agar-agar, sedikit gula pasir dan air didihkan. Angkat dan segera campur dengan tape ketan, aduk hingga rata. Tuangkan ke loyang dinginkan sampai ½ beku (puding 1).
– 1 bungkus agar-agar, santan, gula pasir dan garam masak sampai mendidih. Terus diaduk-aduk sampai mendidih, jangan sampai santan pecah. Tuangkan ke loyang berisi puding 1. Diamkan sebentar, masukkan ke lemari es saat uap sudah hilang.
– Sajikan selagi dingin.

Posted in Kuliner, Resep | Leave a comment

Terung gulung

Saya bukan penyuka terung, atas masukan dari seorang sahabat saya yang sama-sama tidak suka terung, saya diminta mencoba membuat makanan ini, katanya ini camilan sehat yang mengenyangkan dan nggak berasa makan terung.


Bahan:
Terung ungu, iris memanjang tipis-tipis
Telur, kocok lepas beri seikit garam dan merica sebagai penambah rasa
Tomat, iris kecil-kecil
Bawang putih, cacah halus (bila suka)
Minyak untuk menggoreng
Cara membuat:
– Celupkan irisan terung ke dalam kocokan telur lalu goreng sampai berwarna kuning keemasan. Tiriskan di atas tisu dapur untuk menyerap minyaknya.
– Taruh sedikit tomat & bawang putih di atas terung lalu gulung.
– Sajikan hangat dengan pelengkap saus sambal atau saus tomat, dengan  mayones pun enak.
Selamat mencoba ^_^

Bahan:
Terung ungu, iris memanjang tipis-tipis
Telur, kocok lepas beri seikit garam dan merica sebagai penambah rasa
Tomat, iris kecil-kecil
Bawang putih, cacah halus (bila suka)
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
– Celupkan irisan terung ke dalam kocokan telur lalu goreng sampai berwarna kuning keemasan. Tiriskan di atas tisu dapur untuk menyerap minyaknya.
– Taruh sedikit tomat & bawang putih di atas terung lalu gulung.
– Sajikan hangat dengan pelengkap saus sambal atau saus tomat, dengan  mayones pun enak.

Selamat mencoba ^_^

Posted in Kuliner, Resep | Leave a comment